Merepresentasikan data ke dalam bentuk chart terkadang hanya mampu dilakukan oleh beberapa orang saja. Tidak hanya duduk perkara ketidaktahuan, duduk perkara kesulitan dalam mempelajarinya pun juga menjadi alasan lain. Namun, mungkin kesulitan itu akan sedikit terkurangi dengan aplikasi Microsoft Office yang dikembangkan oleh Microsoft. Alasanya tentu dengan akomodasi tata letak Anda mampu merepresentasikan data secara akurat dan professional. Pada goresan pena kali ini, Penulis mencoba menyebarkan cara menggunakan Microsoft Excel sebagai media penyampaian data milik Anda. Untuk melaksanakan tutorial ini Anda harus memiliki beberapa agenda maupun add-ins yang dibutuhkan:
- Microsoft Excel yang sudah terinstall, Anda mampu menggunakan 2010 atau 2013. Penulis kali ini menggunakan Microsoft Office versi 2013.
- Add-ins pada Microsoft Excel yang tidak di sertakan dan Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu. Antara lain :
- Power Query, digunakan untuk mengambil data. Anda dapat melaksanakan unduh untuk Microsoft Office di website Microsoft, file tersebut dapat Anda gunakan baik untuk Office 2013 ataupun 2010. Instalasi dapat Anda lakukan dengan melaksanakan klik 2 kali pada file hasil unduh tersebut, selanjutnya tinggal mengikuti tahap demi tahap dalam aplikasi tersebut. Setelah terinstall Anda harus melakukan restart Microsoft Excel milik Anda.
- Power Pivot, digunakan untuk melaksanakan modelling pada data milik Anda. Ketika Anda melaksanakan instalasi Power Query, sesungguhnya Power Pivot telah include di dalamnya. Namun, Anda harus melaksanakan sedikit konfigurasi untuk membuatnya mampu digunakan pada Microsoft Excel. Untuk mengaktifkannya, buka options. Anda mampu mengaksesnya lewat menu File –Options, lalu pilih menu add-ins.Beberapa add-ins yang terinstall dalam Microsoft Excel akan ditampilkan di menu ini, jalan masuk menu “Manage” pilih COM Add-ins. Anda tinggal melkakukan centang pada Microsoft Power Map, dan tab gres akan muncul dikala Anda melakukan restart Microsoft Excel.
- Power View dan Power Map, digunakan untuk menampilkan hasil data Anda dalam bentuk grafik sekaligus persebarannya. Seperti halnya Power query, Anda harus melaksanakan instalasi Add-ins pada Microsoft Excel milik Anda. Anda mampu unduh add ins tersebut pada website Microsoft. Tahap demi tahap akan dengan mudah Anda ikut dikala proses instalasi Add-ins tersebut. Ketika sudah terinstall, pada tab Insert Anda akan mendapati menu gres yaitu Power View dan Power Map.
Ketika seluruh Add ins kebutuhan telah diinstall, maka selanjutnya ialah melaksanakan pengumpulan data untuk ditampilkan pada power View. Misalkan saja Penulis ingin membandingkan data penjualan smartphone di ASEAN dengan jumlah banyak nya populasi pada negara tersebut.
Anda mampu mengawalinya dengan mengumpulkan data dan mengubah formatnya menjadi tabel. Caranya lakukan seleksi pada data Anda, lalu klik “Format As table“. Anda mampu memilih warna sesuai harapan Anda pada bab ini. Akan muncul peringatan dikala agresi tersebut telah Anda jalankan, hal ini berafiliasi dengan table tersebut apakah Anda ingin memiliki header pada tabelnya atau tidak.
Sedangkan untuk memperoleh data populasi dari penduduk dunia, Penulis menggunakan Add-ins Power Query. Pilih menu “Online Search“, ketikan population country. Keyword tersebut digunakan alasannya kita membutuhkan data penduduk dunia yang akan dikomparasikan dengan data penjualan smartphone di asia yang sebelumnya telah Penulis miliki. Beberapa list akan ditampilkan, Anda mampu melihatnya dengan memindahkan kursor ke bab list tersebut tanpa melaksanakan klik(mouse hover).Ketika Anda telah menemukan data yang cocok Anda mampu melaksanakan klik ataupun melaksanakan proses editing terlebih dahulu. Misalkan saja disini penulis hanya membutuhkan data hanya populasi dan nama negara, maka penulis melaksanakan prosesediting. Seperti halnya dikala melaksanakan pengubahan pada Microsoft Excel, Anda hanya harus melaksanakan seleksi kolom dan menghapusnya bila Anda tidak membutuhkan.Setelah selesai, jangan lupa untuk mengubah tipe data dari suatu variabel pada tabel yang Anda miliki. Tidak semua angka dianggap sebagai tipe data integer ketika data pertama kali di download. Jika Anda membutuhkan Angka, Anda mampu mengubahnya ke dalam bentuk decimal number. Berikut penjelasan singkat dari tipe data pada Power Query
- Text : Data dalam kolom tersebut dianggap sebagai kata, sehingga Anda tidak mampu melaksanakan operasi matematika
- Decimal Number, Whole Number : Data dalam kolom tersebut dianggap sebagai Angka.
- Logical : Data dalam kolom tersebut dianggap sebagai nilai benar dan salah
- Date, Date/Time, Date/Time/Timezone : Data dalam kolom tersebut dianggap berformat tanggal dengan penulisan berbeda.
- Time, Duration : Data dalam kolom tersebut dianggap sebagai waktu.
- Binary : Data dalam kolom tersebut dihitung sebagai operasi biner, sehingga bila Anda melaksanakan operasi matematika maka balasannya berupa biner
Ketika telah dirasa cukup melaksanakan editing, pilih “Close & Load“. Data tersebut akan menjadi sheet baru pada Microsoft Excel milik Anda. Sebagai perhiasan Anda pun dapat melakukan import dokumen tanpa harus terkoneksi dengan internet, yaitu dengan menggunakan fitur yang tersedia pada power query.
Selanjutnya ialah dengan menggunakan PowerPivot untuk melaksanakan permodelan. Buka kembali dokumen Anda sebelumnya, pada tutorial kali ini Penulis memberi nama sheet1, pilih menu “POWERPIVOT” – “Add to Data Model“. Lakukan hal tersebut juga pada data dari power query pada sheet ke 2. Maka Anda akan menerima window power pivot menampilkan data dari kedua sheet milik Anda.
Ketika telah selesai, lakukan penggabungan data. Untuk memudahkan penggabungan kedua sheet tersebut pilih menu “Diagram View“. lalu tarik garis dari tabel utama ke tabel bantuan. Dalam hal ini, Table2 merupakan tabel utama dan Countriess___listmerupakan tabel bantuan. Anda akan mendapati tampilan menyerupai pada gambar dikala telah selesai. Perlu Anda tahu, penampilan data dasarkan pada kolom yang direferensikan. Sehingga antara data pada tabel utama dan bersesuaian. Jika tidak, maka Anda tidak akan melihat data tersebut tampil pada proses pivot.
Langkah selanjutnya ialah menggabungkan tabel tersebut. Anda mampu mengakses menu “PivotTable“. Pop up gres untuk pembuatan sheet gres dikala langkah ini dijalankan. Penulis lebih menganjurkan untuk menggunakan sheet gres sebagai daerah untuk melaksanakan penyimpanan data hasil. Hal ini dikarenakan penggunaan sheet gres akan lebih mudah untuk dikenali dari pada Anda harus mengingat lokasi kolom pada Excel.
Ketika ada pada sheet pivot table, Anda hanya tinggal melaksanakan centang ataupundrag and drop dari list ke bab bawah. Seperti mampu Anda lihat pada gambar.
Pada gambar tersebut penulis tidak melaksanakan centang pada negara, alasannya akan mengulang data yang sebelumnya telah ada yaitu negara. Langkah filtering dilakukan untuk melaksanakan penghematan tampilan dari data yang dibutuhkan. Misalkan saja disini penulis hanya menginginkan tampilan untuk negara ASEAN saja maka penulis melaksanakan filtering pada kolom Android. Untuk melaksanakan filtering Anda dapat melakukannya dengan cara melakukann klik pada header kolom paling awal dari sheet milik Anda.
Terdapat 2 parameter yang harus Anda inputkan secara manual dikala melaksanakan filtering. Pertama pada kolom untuk parameter dan operator filteringnya. Misalkan saja “Equals”, “Greater than” dan lainnya. Penulis kali ini menggunakan “is greater than”, untuk menghilangkan negara yang belum terdata. Sehingga hasil lebih spesifik akan didapatkan
Power View menjadi Add-ins yang digunakan berikutnya, pilih menu Insert – Power View. Ketika pertama kali menggunakan Power View Anda membutuhkan instalasi Microsoft Silverlight. Jika Anda tidak tahu daerah melaksanakan downloadnya, secara otomatis link unduh akan ditampilkan pada excel. Seperti halnya pada Pivot, pada bab ini Anda hanya akan melaksanakan centang untuk melaksanakan generate chart. Tersedia beberapa model chart mampu Anda gunakan,baik berbentuk bar, pie dan lainnya.
Kalaupun Anda membutuhkan gunakan pula Power Map untuk menampilkan grafik sesuai dengan negara. Seperti halnya dikala menggunakan Power view, Pilih menuInsert – Map. Untuk mengawali Anda diharuskan untuk terhubung pada Internet untuk melaksanakan unduh preview Maps. Selebihnya Anda tinggal melaksanakan centang maka balasannya pun akan ditampakkan.
Menurut Penulis, Microsoft Office kini makin powerfull dengan tersedianya beberapa Add-ins yang memudahkan user dalam melaksanakan segala aktifitas. Misalkan saja pada tutorial ini, dimana hal ini sesungguhnya merupakan bab kecil dari fitur pada bab Microsoft Office.
Source:bisakomputer.com
0 Response to "Tips Mudah Membuat Presentasi Data Dengan Excel Microsoft Office"
Posting Komentar